Inspirasi, Visi and Misi

Figur Dibalik Serenitree dan Kertabumi, Ikbal Alexander

Kalian pasti sudah tidak asing dengan salah satu figur Serenitree yaitu Sandra Djajadisastra. Tapi, seperti pernyataan “Great Minds, Think Alike” ternyata ada beberapa tokoh unik dan istimewa lainnya di belakang brand skincare natural Serenitree. Kali ini kita akan berkenalan dulu nih dengan Ikbal Alexander! Pada umumnya, yang mempunyai ketertarikan pada dunia skincare adalah wanita (meskipun tidak menutup kemungkinan ya!). Kok bisa sih Ikbal ini “kecemplung” di usaha skincare? Untuk mengenal beliau lebih lanjut, sebaiknya kita bahas kisahnya dari awal yuk!

Latar Pendidikan Ikbal

Pada awalnya, jurusan yang Ikbal tempuh tidak berhubungan dengan hidup berkelanjutan atau skincare. Tahun 2007 adalah tahun dimana beliau menyelesaikan pendidikan sarjana dalam bidang ekonomi di Universitas Padjadjaran. Wah, berbeda sekali ya jalurnya? Tak hanya itu, bahkan hebatnya Ikbal menempuh studi lanjutan di Spanyol, lebih tepatnya di University of Barcelona untuk gelar pasca-sarjana international relation. Definisi panutan sejati nih!

Sama seperti kisah Sandra, beliau ini memulai lembaran dengan fokus yang berbeda. Ikbal memulai karirnya di beberapa bidang pekerjaan yaitu: sebagai Junior Project Officer di Takeya Consulting (2007-2012) dan ASEAN Youth Organization (2015-2018). Nah, tahun 2017 adalah momen ketika beliau membanting setir dan mendirikan kewirausahaan sosial konservasi lingkungan, Kertabumi Recycling Center. Bahkan untuk mendukung misinya, Ikbal kembali menuntut ilmu bidang lingkungan (Master of Science in Environmental Indonesia), tahun 2020 di Universitas Indonesia.

Kira-kira apa ya motivasi serta detail dari bisnis ini sendiri? Yuk kita simak bersama!

Kertabumi Recycling Center

Bagi kalian yang menjalani kehidupan berkelanjutan dan fans berat produk natural, Kertabumi mungkin sudah tidak lagi asing. Usaha ini juga berbasis komunitas dan ekonomi kreatif. Jadi tak heran begitu besarnya komunitas yang berhasil terbentuk dan bahkan terus berkembang sampai detik ini. Bukan berdasarkan omongan belaka, fakta ini bisa kita lihat dari ribuan pengikut Kertabumi di media sosial!

Lantas apa saja sih produk atau servis yang tersedia di Kertabumi?

Sebenarnya, alih-alih menjadi bisnis yang hanya menawarkan produk jadi ke pelanggannya, bisnis ini lebih berfokus pada menyebarkan pengetahuan tentang hidup berkelanjutan. Seperti apa contohnya? Pengelolaan sampah yang baik dan benar serta aks-aksi untuk melawan perubahan iklim. Kedua topik ini terbilang masuk dalam bagian inti dari bisnis ini sendiri. Penyampaian ilmu ini dikemas sedemikian rupa dan akan tersalur dalam bentuk workshop.

Lebih hebatnya lagi, platform edukasi ini dapat dilakukan dari skala komunitas hingga perusahaan. Semakin banyak masyarakat yang teredukasi tentang ini, maka akan semakin sehat bumi kita ya!

Kalian penasaran gak nih, apa saja pencapaian keren Kertabumi dalam masyarakat? Kita intip dulu yuk, siapa tahu bisa menginspirasi!

Prestasi dan Pencapaian Kertabumi

Bumi pastinya bisa menjadi tempat yang lebih baik bila saja semua orang di dunia tersadar akan pentingnya cara hidup sehat. Bukan hanya untuk diri sendiri, namun juga untuk lingkungan sekitarnya.

Visi dan misi Kertabumi-lah yang memungkinkan semua pencapaian bisa berhasil. Inilah beberapa deret prestasi yang membanggakan dari bisnis ini:

  • Pengelolaan Sampah

Dalam bidang pengelolaan sampah, Kertabumi dengan sukses mengulurkan bantuan untuk pendirian sejumlah 107 bank sampah di 17 provinsi dan 47 kota dan kabupaten Indonesia. Selain itu, yang berpartisipasi dalam hal ini tidak hanya komunitas tapi juga perusahaan-perusahaan terkemuka. Keren sekali ya!

  • UMKM Daur Ulang

Bersamaan dengan membuat bumi lebih sehat, Kertabumi pun menyokong finansial untuk mereka yang membutuhkan. Bukan dalam hal uang, tapi pengetahuan bagaimana daur ulang sampah dapat menghasilkan bisnis bagi mereka yang berminat. Terdapat 3 kategori dalam daur ulang sampah yakni: waste to souvenir, waste to furniture and waste to construction.

  • Perubahan Iklim

Suatu ekosistem merupakan suatu hal yang perlu dilindungi. Bila tidak, akan terjadi ketidakseimbangan. Ini dia yang Kertabumi lakukan, yaitu mendirikan 3 area konservasi ekosistem yang berfokus pada daerah pesisir dengan 3 spesies utama yaitu mangrove, terumbu karang dan lamun. Area konservasi berlokasi di DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. 

Wah, banyak sekali ya pencapaiannya. Semoga kedepannya Kertabumi dapat lebih mengayomi masyarakat banyak dalam topik-topik penting ini dan membawa perubahan yang baik pada kehidupan kita semua!

Motivasi Ikbal Terjun Ke Dunia Skincare

Tadi kita sudah sempat membahas latar belakang Ikbal, nah, kenapa sih kok beliau bisa terjun dalam dunia skincare?

Alasannya sebenarnya hampir sama dengan tujuan beliau mendirikan Kertabumi. Ikbal adalah seseorang yang percaya akan pentingnya kesehatan lingkungan dan bumi. Bumi adalah suatu ekosistem yang sangat luas dan manusia lah yang menjadi salah satu penghuninya. Maka dari itu, kesehatan haruslah dimulai dalam diri manusia itu sendiri.

Bagaimana cara mencapainya? Meski bukan satu-satunya cara, tapi skincare dapat mempengaruhi kesehatan seseorang. Kulit wajah, badan, hingga akar rambut, harus selalu terjaga. Bukan demi sehat fisik saja, tapi sehat secara mental juga. Dengan maraknya “booming” skincare saat ini, beredar berbagai jenis perusahaan skincare yang menawarkan produknya. TAPI, tidak semua orang cocok  menggunakannya. Selain itu juga ada beberapa komposisi kimiawi yang bisa memberikan efek negatif untuk penggunanya.

Maka itu, berbekal dengan kecintaan dan ilmunya terhadap hidup keberlanjutan, Ikbal memutuskan untuk riset mengenai skincare organik. Berbagai banyak trial-error, penyediaan workshop seputar skincare berbahan organik hingga kemudian muncullah Serenitree, anak dari Kertabumi.

“Anak” Dari Kertabumi, Serenitree

Pada artikel sebelumnya, sudah kita bahas bahwa Kertabumi merupakan pondasi dari Serenitree. Dipimpin oleh beberapa tokoh jenius seperti Ikbal, Serenitree adalah bisnis yang berfokus pada skincare natural. 

Visi dan misi bisnis ini adalah untuk memberikan solusi bagi pecinta skincare, khususnya yang berkulit sensitif. Selain itu, Serenitree ingin membantu kalian menjalani gaya hidup ramah lingkungan dengan semua produknya yang berbahan natural. Komposisi yang digunakan pun berasal dari kekayaan alam Indonesia seperti kunyit putih dan serai merah. Sehat bagi kulit dengan mengeliminasi komposisi kimia sintetis, juga sehat bagi lingkungan, terutama air dan darat, dari kontaminasi produk skincare. Win win solution bukan?

Jadi, dengan menggunakan produk Serenitree berarti kita menyayangi diri sendiri dan lingkungan kita. Tidak akan ada yang bisa lebih baik dari itu! Kita ini hidup berdampingan di ekosistem besar yaitu bumi. Jadi, marilah saling menjaga satu sama lain!

Related Posts