Wawasan

Seberapa Efektif Stiker Jerawat atau “Acne Patch” Mengatasi Jerawat?

acne patch

Semakin canggihnya teknologi mendorong berbagai inovasi solutif dalam dunia per-skincarean. Salah satunya termasuk stiker jerawat atau yang biasa kita kenal “acne patch”. Biasanya produk berupa stiker ini sering kita gunakan di area wajah (T-zone: dahi, hidung, dagu) yang lebih rentan terhadap jerawat. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk digunakan di area berjerawat lain seperti punggung atau dada. Loh kok bisa jerawat ditempel stiker? Seberapa efektif dan apa saja efek samping dari produk ini ya? Daripada penasaran, yuk kita pelajari lebih lanjut produk skincare yang hits ini! 

Kenali Cara Kerja dan Fungsi Stiker Jerawat

Patch jerawat saat ini menjadi salah satu produk terpopuler, terutama bagi mereka yang mengalami masalah jerawat. Berbentuk plester kecil, kita hanya tinggal menempelkan stiker langsung pada jerawat untuk membantu mengeringkannya lebih cepat. Meskipun umumnya banyak patch jerawat berbentuk stiker transparan kecil, ada juga loh yang memiliki bentuk mencolok dan lucu seperti bintang, hati, bahkan bunga-bunga! Tujuan dari desain yang menarik tidak hanya untuk “menjual”, tetapi juga melawan stigma yang melekat pada jerawat serta mengurangi dampak negatif terhadap rasa percaya diri.

Stiker jerawat ini berkata, jerawat adalah masalah yang sangat umum dan normal! Hingga 50 juta orang per tahun mengalami jerawat. Jerawat tidak hanya mempengaruhi mereka yang sedang mengalami masa pubertas. Sebanyak 15 persen wanita dewasa juga mengalami jerawat, meskipun beberapa survei menunjukkan angka lebih tinggi, yaitu lebih dari 50 persen (Data dari American Academy of Dermatology (AAD)).

Sekarang kita bahas tentang cara kerjanya ya! Stiker jerawat umumnya terbuat dari gel penyembuh luka bernama hidrokoloid. Nah, gel ini dapat menyerap cairan dari jerawat dan menutupi luka untuk mencegah trauma lebih lanjut, seperti kebiasaan memencet jerawat. Produk ini dapat bekerja paling baik pada jerawat yang sudah terbuka, mengeluarkan cairan, dan sedang dalam proses penyembuhan. Jadi, tidak sembarangan bisa untuk semua tipe jerawat ya!

Jangan Gunakan Stiker Jerawat Jika..

Perlu kita ingat bahwa stiker ini hanya merupakan perawatan titik untuk jerawat yang aktif dan TIDAK memiliki kemampuan untuk:

  • Mencegah timbulnya jerawat baru
  • Membersihkan pori-pori yang tersumbat
  • Mengatasi akar masalah dan faktor lain yang menyebabkan jerawat
  • Mengurangi komedo hitam dan putih
  • Tidak efektif untuk jerawat kistik & break out

Dengan kata lain, jika Sereni-Trees mengalami jerawat kistik, breakout besar-besaran, atau masalah kulit lainnya karena patch jerawat tidak akan memberikan solusi yang memadai.

Catatan penting lainnya, apabila kita punya kulit yang sangat sensitif, sebaiknya hindari penggunaan produk ini ya karena terdapat resiko bahwa area yang terkena akan semakin kering dan iritasi! Lalu, perhatikan juga sebelum penggunaan, apakah kulit kita alergi atau tidak. Sebagai tambahan, durasi pemakaian stiker terlalu lama pun bisa menjadi penyebab iritasi kulit. Oleh karena itu cukup gunakan sesuai anjuran produk ya, Sereni-Trees!

Kelebihan dan Tips Penggunaan Stiker Jerawat

Stiker jerawat ini populer karena beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan darinya. Berikut adalah keuntungan positif jika kita menggunakannya dengan tepat:

  • Mempercepat penyembuhan

Dengan menyerap cairan dan racun dari jerawat, patch jerawat dapat lebih mempercepat proses penyembuhan.

  • Praktis dan mudah digunakan:

Cara penggunaan cukup tempelkan pada kulit bersih, mudah dan cepat bukan? Tidak heran mengapa stiker ini populer!

  • Melindungi dari kontaminasi:

Patch ini melindungi jerawat dari bakteri eksternal dan polusi, mengurangi risiko infeksi.

  • Mencegah kebiasaan memencet jerawat

Dengan menutupi jerawat, kita bisa mencegah kebiasaan memencet yang dapat menyebabkan bekas luka. Lumayan kan, tangan jadi tidak “gatel” untuk pencet-pencet!

  • Mengurangi kemerahan dan peradangan

Produk ini bertujuan untuk mengurangi kemerahan dan peradangan pada area yang terkena.

  • Perlindungan dari sinar matahari

Patch ini juga melindungi jerawat yang sedang dalam proses penyembuhan dari paparan sinar matahari. Tau gak Sereni-Trees, sinar UV bisa memperlambat penyembuhan loh!

  • Menumbuhkan rasa percaya diri:

Mengalami masalah jerawat tentu dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri kita. Nah, stiker ini akan memberikan dukungan positif bagi mental kita dalam memerangi masalah jerawat!

Wah, ternyata banyak juga ya manfaatnya! Tetapi dengan catatan semua keuntungan ini harus berbarengan dengan cara penggunaannya yang tepat loh. Serenitree spill nih beberapa langkah yang tidak boleh kalian lupakan:

  • Bersihkan kulit terlebih dahulu
  • Aplikasikan pada kulit bersih dan kering. Penggunaan di kulit basah, stiker ini tidak dapat menempel sempurna!
  • Pilih ukurang yang sesuai dengan jerawat. Jangan terlalu besar atau kecil!
  • Hindari penggunaan produk skincare lain (dapat mempengaruhi daya tempel stiker)
  • Gunakan sesuai anjuran petunjuk. Masing-masing produk berbeda, ada yang bisa kita gunakan di malam siang atau malam hari.
  • Ganti stiker dan jangan gunakan ulang.

Mudah sekali bukan? Tetapi agar lebih aman, konsultasikan pada dermatologist kalian ya! Lagipula, mengatasi jerawat tentu akan berbeda sesuai kondisi kulit masing-masing.

Alternatif Lain Dari Stiker Jerawat

Selain stiker jerawat, ada pula perawatan kulit lainnya yang bisa kita coba loh! Kita dapat mencari skincare dengan kandungan asam salisilat dan benzoil peroksida sebagai solusi jerawat efektif. 

Biasanya bila kondisi jerawat sudah parah, dermatologist akan memberikan kita solusi lain seperti obat topikal (berbahan adapalene, asam azelaic, dapsone, asam retinoic, tretinoin), obat oral (spironolakton atau isotretinoin), antibiotik (klindamisin, eritromisin), suntikan (steroid atau kortison), dan perawatan medis khusus jerawat lainnya!

Apakah ada solusi alami? Tentu saja! Kalian bisa pilih skincare atau bodycare dengan kandungan natural seperti Coconut Oil dan Kunyit. Bahan natural ini memiliki fungsi antimikroba dan anti-inflamasi sehingga dapat dengan efektif meredakan peradangan serta membantu proses penyembuhan jerawat. 

Untuk rekomendasi bodycare natural yang aman untuk jerawat punggung, kalian bisa coba nih bar soap dan body wash Serenitree! Mengandung bahan alami tanpa kimia keras seperti SLS, paraben, phthalates, ataupun pewangi sintetis. Cocok banget sebagai solusi kulit sensitif dan berjerawat. Belum lagi, aman bagi bumil, busui, dan anak-anak (usia 3 dan 6 tahun). Yakin gak mau coba?

Related Posts

Tinggalkan Balasan